Arti nama Para Hokage

Hokage adalah orang dengan posisi tertinggi di desa Konoha. Pemilik gelar ini adalah ninja terkuat yang dipercaya untuk memimpin desa. Hokage sendiri memiliki arti yaitu Bayangan Api.Sampai saat ini, Hokage telah ikut mengiringi sejarah panjang dari desa Konoha.Sudah ada tujuh Hokage resmi dan satu Hokage sementara hingga era Boruto.Masing-masing dari mereka memiliki kekuatan dan kepribadian berbeda, tetapi satu yang sama yaitu mereka memiliki Hi no Ishi atau Semangat Api dari Konoha. Tidak hanya kekuatan, nama mereka juga istimewa. Kishimoto tidak membuat nama para Hokage begitu saja, mereka memiliki arti dan berhubungan dengan peran mereka sendiri sebagai Hokage maupun sebagai karakter di animanga Naruto.

1.Hashirama Senju
Namanya adalah Hashirama (柱間) Yang berarti "jarak diantara pilar" jika dipersingkat lagi adalah Hashira (柱) yang berarti "pilar" atau tiang penguat.Hashirama adalah Hokage yang menjadi pilar atau tiang penguat untuk keamanan,kenyamanan,dan pendukung desa Konoha selama ini.Nama Klannya Senju (千住) yang berarti "seribu tangan".Sama seperti jutsu terkuat Hashirama yaitu Senpou Mokuton Shinsuusenju dimana Hashirama mengeluarkan patung kayu raksasa dengan ribuan tangan yang bisa dia kendalikan.


2.Tobirama Senju
Namanya adalah Tobirama (扉間) yang berarti "jarak diantara pintu",jika dipersingkat namanya adalah Tobira (扉) yang berarti "pintu".Jika melihat dari kontribusinya untuk desa Konoha,dia adalah Hokage yang "membuka pintu" untuk perkembangan Konoha.Banyak inovasi yang ia berikan seperti sistem Akademi Ninja,organisasi Anbu,dan ujian Chuunin.Dia juga mengembangkan beberapa jutsu ninja yang tetap digunakan hingga era Boruto,seperti Jurus seribu bayangan atau dalam bahasa Jepang (影分身の術),dan Edo Tensei atau dalam bahasa Jepang (穢土転生).


3.Hiruzen Sarutobi
Namanya Hiruzen (ヒルゼン) kemungkinan diambil dari sebuah nama gunung yang memiliki Hana Hiruzensansa di pulau Honsu,Jepang.Sedangkan nama klannya adalah Sarutobi (猿飛) yang memiliki arti "lompatan kera" kera yang berhubungan dengan Hiruzen tentunya adalah makhluk kuchiyose yang dia miliki yaitu Enma,si Raja kera Saru (サル) yang berarti "kera" juga nama panggilan yang diberikan oleh Tobirama untuk Hiruzen.


4.Minato Namikaze
Minato Namikaze adalah Hokage ke-4 sekaligus ayah dari Hokage ke-7 Naruto Uzumaki.Namikaze (波風) pada nama Hokage ke-4 berarti "gelombang dan angin",hal ini bisa ditunjukkan dengan keahliannya yaitu Hiraishin No jutsu yang sangat kuat,teknik dimana Minato bisa berteleportasi dan bergerak dengan sangat cepat.Minato (港) sendiri memiliki arti "pelabuhan atau tempat untuk berlabuh".Jika disamakan dengan dengan jutsunya,maka pelabuhan itu adalah senjata andalannya,Kunai Hiraishin yang sudah dia tandai dengan jutsu.Kunai ini menjadi tempat Minato berlabuh dari satu tempat ke tempat lain.




5.Tsunade Senju
Tidak seperti Hokage yang lain,mungkin arti nama Tsuande tidak memiliki arti nama khusus,Tsunade (綱で) bisa diartikan sebagai "tali tambang".Tetapi lagi-lagi namanya bukanlah nama sembarangan.Nama Tsunade diambil dari karakter dalam cerita rakyat Jepang yang berjudul "Jiraiya Goketsu Monogatari (Petualangan Jiraiya si pemberani)".Kisah itu menceritakan tentang ninja bernama Jiraiya yang bisa berubah menjadi katak,Tsunade sendiri adalah istri dari Jiraiya di dalam cerita itu.Seorang wanita cantik yang bisa berubah menjadi siput besar.Tentunya Trio sannin legendaris diambil dari cerita ini terutama nama dan unsur binatang yang mereka miliki.




6.Kakashi Hatake
Kakashi Hatake adalah Hokage ke-6,murid dari Hokage ke-4,Minato Namikaze dan guru dari Hokage ke-7,Naruto Uzumaki.Mungkin dari semua Hokage namanya adalah yang paling berbeda,Kakashi (かかし) berarti "orang-orangan" sawah.Nama keluarganya Hatake (畑) memiliki arti "ladang" yang bisa diartikan bahwa Kakashi Hatake adalah orang-orangan di ladang atau sawah.Unsur orang-orangan sawah dalam karakter Kakashi adalah saat Naruto kecil yang berlatih menggunakan orang-orangan sawah yang memakai pakaian ala Kakashi.


7.Naruto Uzumaki
Naruto,diambil dari Naruto (ナルト) yaitu "sebuah toping diatas mie ramen",Uzumaki (うずまき) sendiri berarti "spiral atau pusaran" simbol yang sama seperti di Naruto ataupun pusaran yang berada di balik jaket Naruto.Kesukaan Naruto akan ramen dan Rasengan sudah cukup untuk menggambarkan kedua hubungan ini,Naruto Uzumaki juga sepertinya diambil dari "Naruto No Uzushio" yaitu sebuah pusaran air pasang surut yang berada dekat dengan jembatan Naruto di Tokushima,Jepang.










Oke teman-teman sekian postingan dari saya,jika ada yang kurang atau ada yang terlewat kalian bisa komen di kolom komentar.Oke sampai bertemu di postingan selanjutnya :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Jutsu terkuat Madara Uchiha "Uchiha Level Dewa"

7 jutsu Hashirama Senju "dewa shinobi"

Seni lukis aliran Romantisme