Macam-macam browser,penemunya,kelebihan dan kekurangan (part 1)

Halo teman-teman bagaimana kabarnya? Kali ini saya akan memberitahu kalian tentang macam-macam browser beserta penemunya,kelebihannya, dan kekurangannya.Oya Sebenarnya ada 10 Macam browser tetapi karna saya ada keperluan jadi saya berikan 5 dulu dan berlanjut lagi di post berikutnya.Oke langsung saja mulai

1.Internet Explorer
A.Penjelasan
Internet Explorer adalah salah satu browser web yang paling banyak digunakan, mencapai puncak sekitar 95% pangsa penggunaan selama tahun 2002 dan 2003. Ini terjadi setelah Microsoft menggunakan bundling untuk memenangkan perang browser pertama melawan Netscape, yang merupakan browser dominan pada 1990-an. Penggunaannya sejak saat itu telah menurun seiring diluncurkannya Firefox (2004) dan Google Chrome (2008), dan dengan semakin populernya sistem operasi seperti macos, Linux, iOS dan Android yang tidak menjalankan Internet Explorer. Perkiraan untuk pangsa pasar Internet Explorer secara keseluruhan berkisar antara 3,58% sampai 16,84% atau oleh nomor StatCounter berada di peringkat 3 (yang lain berada di posisi kedua tepat di depan), tepat setelah Firefox (atau bahkan setinggi 6 saat menghitung semua platform), mulai September 2017 ( pangsa pasar browser sangat sulit untuk dihitung). Microsoft menghabiskan lebih dari US $ 100 juta per tahun di Internet Explorer pada akhir tahun 1990an, dengan lebih dari 1.000 orang mengerjakannya pada tahun 1999.

B.Sejarah
Proyek Internet Explorer dimulai pada musim panas 1994 oleh Thomas Reardon, yang menurut Massachusetts Institute of Technology Review tahun 2003, menggunakan source code dari Spyglass, Inc. Mosaic, yang merupakan browser web komersial awal dengan formal hubungan dengan Pusat Perintis Nasional untuk aplikasi Supercomputing Applications (NCSA) Mosaic. Pada akhir tahun 1994, Microsoft melisensi Spyglass Mosaic dengan biaya kuartalan ditambah persentase pendapatan non-Windows Microsoft untuk perangkat lunak tersebut.Meskipun memakai nama yang mirip dengan NCSA Mosaic, Spyglass Mosaic telah menggunakan kode sumber Mosaic NCSA dengan hemat.Microsoft digugat oleh Synet Inc. pada tahun 1996, atas pelanggaran merek dagang tersebut.




Penulis asli     :Thomas Reardon
Pengembang  
:Microsoft

Rilis awal        :16 Agustus 1995 (22 tahun yang lalu)


Kelebihan :

-Menyediakan add-ons, walaupun tidak sebanyak Firefox

-Khusus IE8, tampilannya lebih elegan dan menarik

-Bagi pengguna Windows Live maka akan di manjakan dengan tab bookmark yangterhubung  

 ke fitur-fitur milik Windows Live

-Bisa dipasang Google Chrome Frame agar lebih cepat



Kekurangan :

-Gagal membaca script dibeberapa halaman situs (khususnya CSS)

-Agak berat saat start awal dan saat membuka tab baru

-Terlalu banyak menu/command bar, sehingga bagi orang awam akan sedikit       

  membingungkan dan terkesan kurang praktis, tapi bisa dimodifikasi.




2.Mozilla Firefox

A.Penjelasan
Mozilla Firefox (atau hanya Firefox) adalah browser web open source yang dikembangkan oleh Mozilla Foundation dan anak perusahaannya Mozilla Corporation. Firefox tersedia untuk sistem operasi Windows, macos dan Linux, dengan Firefox untuk Android yang tersedia untuk Android (sebelumnya Firefox untuk ponsel, juga menjalankan OS Firefox yang dihentikan), dan menggunakan mesin tata letak Gecko untuk membuat halaman web, yang menerapkan arus dan standar web yang diantisipasi.Versi tambahan, Firefox untuk iOS, dirilis pada akhir 2015, namun versi ini tidak menggunakan Gecko karena pembatasan Apple yang membatasi browser web pihak ketiga ke mesin tata letak berbasis WebKit yang terpasang pada iOS.


B.Sejarah
Proyek Firefox dimulai sebagai cabang eksperimental proyek Mozilla oleh Dave Hyatt, Joe Hewitt, dan Blake Ross. Mereka percaya bahwa persyaratan komersial dari sponsor Netscape dan creep fitur yang didorong oleh pengembang membahayakan kegunaan browser Mozilla. Untuk memerangi apa yang mereka lihat sebagai perangkat lunak Mozilla Suite, mereka menciptakan browser yang berdiri sendiri, yang dengannya mereka bermaksud mengganti Mozilla. Suite. Pada tanggal 3 April 2003, Organisasi Mozilla mengumumkan bahwa mereka berencana untuk mengubah fokus mereka dari Mozilla Suite menjadi Firefox dan Thunderbird. SeaMonkey yang berbasiskan komunitas terbentuk dan akhirnya menggantikan Mozilla Application Suite pada tahun 2005.

Lambang Mozilla foundation

Pengembang :Mozilla Foundation
Rilis awal
     :23 September 2002 (15 tahun yang lalu)

Kelebihan :
1.Banyak fitur tambahan (add-ons) yang bisa dibongkar pasang sesuai dengan kebutuhan
2.Cocok untuk membuka situs-situs multimedia
3.Updatenya mudah
4.Sistem security kuat
5.Bisa membuka halaman Wapsite yang dikhususkan untuk
ponsel/hp.
6.Merupakan browser dengan perkembangan paling pesat dan jumlah pengguna yang terus meningkat
7.Security yang lebih handal 
8.Ukuran download yang jauh lebih kecil. 
9.Banyak tersedia addons untuk kelengkapan fungsi dari firefox 
10.Ada komunitas pengembangnya di seluruh dunia (Betatester) 
11.Kemungkinan konfigurasi yang sangat banyak, jauh dibandingkan IE
  
Kekurangan : 
1.Saat mulai start loadingnya lumayan lama, apalagi jika banyak add-ons yang terinstall 
2.Kadang-kadang terjadi hang/crash. 
3.Startup time (waktu menjalankan program pertama kali) sangat lambat dan berat.
4.Tidak berfungsi optimal bila tidak ditambahi addons

5.Para krackers sekarang mulai membidik browser ini,karena jumlah penggunanya yang besar.

6.Program update berarti mendownload versi baru dari Firefox,berbeda dengan IE yang hanya 
7.mengupgrade modulnya saja

8.Banyak addons tidak berfungsi apabila Firefox telah diupdate.(berlaku untuk perubahan yang   besar,misalnya dari versi 2 ke versi 3)


3.Opera
A.Penjelasan
Opera adalah browser web untuk sistem operasi Windows, macos, dan Linux yang dikembangkan oleh Opera Software. Menggunakan tata letak tata letak Blink. Versi sebelumnya menggunakan mesin tata letak Presto masih tersedia, dan berjalan pada sistem FreeBSD. Menurut SlashGeek, fitur Opera yang ada kemudian diadopsi oleh browser web lainnya, termasuk Speed Dial, pop-up blocking, sesi browser, private browsing, dan tabbed browsing.

B.Sejarah
Opera dimulai pada tahun 1994 sebagai proyek penelitian di Telenor, perusahaan telekomunikasi Norwegia terbesar. Pada tahun 1995, ia bercabang menjadi perusahaan terpisah bernama Opera Software ASA.Opera pertama kali diluncurkan secara terbuka pada tahun 1996 dengan versi 2.0, yang hanya berjalan di Microsoft Windows. Dalam upaya untuk memanfaatkan pasar yang sedang berkembang untuk perangkat genggam yang terhubung dengan Internet, sebuah proyek ke port Opera ke platform perangkat mobile dimulai pada tahun 1998.Opera 4.0, dirilis pada tahun 2000, menyertakan sebuah inti cross-platform baru yang memfasilitasi pembuatan edisi Opera untuk beberapa sistem operasi dan platform.

Pengembang :Opera Software
Rilis awal      :April 1995 (22 tahun yang lalu)

Kelebihan :
  • Lumayan Ringan dan cepat
  • Memiliki email client dan rss sendiri (terintegrasi), jadi kita tidak perlu memakai email client lain seperti Outlook, Thunderbird dan lainnya
  • Pemanggilan kembali Cache cepat
  • Fitur mouse gestures, membuat browsing experience semakin asyik
  • Memiliki fitur Turbo yang mampu mengkompres halaman saat koneksi lambat
  • Bisa diintegrasikan (sinkron) dengan Opera Mini khusus ponsel
  • Bagi pengguna Opera Community, ada tab bookmark yang terhubung ke fitur-fitur milik Opera yang bisa diakses dimanapun dan kapanpun
  • Bisa membuka halaman Wapsite yg dikhususkan untuk ponsel.
Kekurangan :
  • Agak lambat dalam membaca script pada beberapa halaman situs
  • Saat koneksi lambat, fitur Turbo kurang begitu terasa efeknya;
  • Terlalu banyak menu/bar sehingga terkesan kurang praktis, tapi bisa dimodifikasi.


4.Google Chrome




A.Penjelasan

Google Chrome adalah browser web freeware yang dikembangkan oleh Google. Ini pertama kali dirilis pada bulan September 2008, untuk Microsoft Windows, dan kemudian dikirim ke Linux, macos, iOS dan Android. Google Chrome juga merupakan komponen utama Chrome OS, yang berfungsi sebagai platform untuk menjalankan aplikasi web.



B.Sejarah

CEO Google Eric Schmidt menentang perkembangan browser web independen selama enam tahun. Dia menyatakan bahwa "pada saat itu, Google adalah perusahaan kecil," dan dia tidak ingin melewati "perang browser yang memar." Setelah pendiri Sergey Brin dan Larry Page menyewa beberapa pengembang Mozilla Firefox dan membuat demonstrasi Chrome, Schmidt mengakui bahwa "sangat baik sehingga pada dasarnya memaksa saya untuk mengubah pikiran saya."
Desas-desus Google membangun web browser pertama kali muncul pada bulan September 2004. Jurnal online dan surat kabar A.S. menyatakan pada saat Google merekrut mantan pengembang web Microsoft antara lain. Ini juga datang tak lama setelah rilis 1.0 final Mozilla Firefox, yang melonjak dalam popularitas dan mengambil pangsa pasar dari Internet Explorer, yang menderita masalah keamanan utama.
Google Inc. Pengembang Google Chrome

Pengembang      :Google Inc.
Peluncuran awal:2 September 2008 (9 tahun yang lalu)

KELEMAHAN BROWSER CHROME :
  • PRIVASI:Google menyimpan 2% interpretation pencarian pengguna, lengkap dengan alamat IP-a.Walaupun dalam beberapa waktu tertentu interpretation ini akan dianonimkan. Ini artinya google bisa saja tahu “siapa mencari apa dan dimana”
  • LISENSI:Google sempat mencantumkan pada Terms of Service mereka, bahwa semua muatan dari pengguna yang hak ciptanya dimiliki oleh pengguna akan diserahkan haknya pada Google. Tapi indicate ini telah dicabut oleh pihak Google.
  • CELAH KEAMANAN:Beberapa pakar confidence menemukan adanya lubang kecil/bugs pada chrome. Sehingga ketika membuka suatu halaman website akan membuat browser ini menjadi crash. Lalu Chrome juga memiliki underline Download Otomatis yang dikhawatirkan akan disalah gunakan oleh Hacker
  • EXTENSIONS:Pada Chrome tidak terdapat extension/plugin/addons yang dapat ditambahkan. Tidak seperti Firefox yang memiliki banyak aplikasi2 tambahan yang dapat membuat dan meningkatkan kinerja browser.
  • BAHASA:Pada chrome ketika kita memilih untuk menggunakan dalam bahasa Indonesia maka akan terdapat beberapa kejanggalan dalam bahasanya.
KELEBIHAN BROWSER CHROME :
  • TAMPILAN:Pada Interface dari Chrome terlihat bahawa google ingin para penggunanya lebih fokus pada web dan melupakan browser yang digunakan. Ini atinya Google Chrome memilii tampilan yang tidak mengusik dan nyaman ketika sedang digunakan
  • MODUS PENYAMARAN:Pada modus ini memungkinkan para penggunanya dapat mengakses website tanpa meninggalkan jejak. Sehingga cocok digunakan untuk mengkases konten yang berbau porno secara diam-diam he he he
  • APLIKASI WEB:Google memberikan opsi “Make Application Shortcut”.Dengan underline ini sebuah aplikasi web seperti GMAIL atau Google Teader dapat dijalankan lewat shrtcut pada Desktop atau Start Menu. Sehingga kelihatan seperti sebuah aplikasi lokal
  • PENGELOLAAN MEMORY:Pada setiap TAB yang dibuka di Chrome memiliki proses yang terpisah, sehingga ketika eror/crash pada salah satu ta tidak akan meyebabkan seluruh browser eror. (ini kekurangan yang terdapat pada FireFox dan browser lainnya)
  • PENCARIAN:Chrome memiliki fungsi pencarian yang sangat baik. Contohnya, chrome daat mendeteksi ketika pengguna pernah melakukan pencarian di suatu website dan memasukkan website tersebut dalam daftar penyedia pencarian.
  • ANTI PENIPUAN:Chrome menyediakan kemampuan menebalkan nama domain sebuah website. Contohnya ada sebuah website penipuan beralamatkan ibank.klikbca.d60pc.com, maka d60pc.com akan ditebalkan sehingga akan diharapkan para pengguna sadar bawah itu bukan situs/website resmi KlikBCA.
 

5.Safari Browser


A.Penjelasan

Safari adalah browser web yang dikembangkan oleh Apple berdasarkan mesin WebKit. Pertama kali dirilis pada tahun 2003 dengan Mac OS X Panther, versi mobile telah disertakan dalam perangkat iOS sejak diperkenalkannya iPhone pada tahun 2007. Ini adalah browser default pada perangkat Apple. Versi Windows, yang sekarang dihentikan,tersedia dari tahun 2007 sampai 2012.



B.Sejarah

Sampai tahun 1997, komputer Apple Macintosh hanya dikirimi browser Netscape Navigator dan Cyberdog saja. Internet Explorer untuk Mac kemudian disertakan sebagai browser web default untuk Mac OS 8.1 dan seterusnya,sebagai bagian dari perjanjian lima tahun antara Apple dan Microsoft. Selama masa itu, Microsoft merilis tiga versi utama Internet Explorer untuk Mac yang dibundel dengan Mac OS 8 dan Mac OS 9, meskipun Apple terus memasukkan Netscape Navigator sebagai alternatif. Microsoft akhirnya merilis edisi Mac OS X dari Internet Explorer untuk Mac, yang disertakan sebagai browser default di semua rilis Mac OS X dari Mac OS X DP4 sampai dan termasuk Mac OS X v10.2.
Lambang pengembang safari browser



Pengembang:Apple
Peluncuran
awal:7 Januari 2003 (14 tahun yang lalu)


Kelebihan Safari Browser:
  • Safari Browser irit dengan pemggunaan bandwithnya.
  • Safari Browser adalah merupakan salah satu browser yang paling stabil karena jarang crash atau error.
  • Tampilannya elegan yang dapat memanjakan penggunanya.

Kelemahan Safari Browser:
  • Safari Browser menuntut spesifikasi yang agak tinggi.
  • Tidak ada fitur restore kalau Safari nge-hang.
 
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Jutsu terkuat Madara Uchiha "Uchiha Level Dewa"

7 jutsu Hashirama Senju "dewa shinobi"

Seni lukis aliran Romantisme